PENGEMBANGAN SIKAP PROFESIONALISME GURU MELALUI KINERJA GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN MTS NEGERI 1 SERANG

Aep Saepul Anwar

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan tujuan yang akan dicapai peneliti adalah suatu gambaran secara faktual dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung di lapangan.  Adapun hasil penelitian tentang pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang dilakukan dengan beberapa program dan upaya yaitu melakukan pendidikan dan pelatihan dengan melaksanakan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), Pendidikan dan pelatihan di tempat kerja, pelatihan jarak jauh, Kelompok Kerja Madrasah (KKM), penyusunan buku ajar dan LKS serta lainnya yang dapat menunjang pada peningkatan profesionalitas guru. Berdasarkan program di atas upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru terdapat beberapa program antara lain: Pertama; Program peningkatan kualifikasi pendidikan guru; Kedua; Program penyetaraan dan sertifikasi; Ketiga; Program pelatihan integritas berbasis kompetensi; Keempat; Program supervisi pendidikan; Kelima; Program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran); Keenam; Melakukan penelitian. Akhir dari penelitian ini bahwa pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru dilakukan di sekolah sendiri dengan memperhatikan kelemahan dari guru untuk saling menjadi bahan introspeksi guna perbaikan di masa yang akan datang. Akan tetapi pengembangan sikap profesionalisme guru di MTs Negeri 1 Serang dilakukan belum optimal melainkan masih membutuhkan bimbingan serta arahan guna tercapainya program tersebut dari stakeholder terkait baik pemerintah maupun pemerhati Pendidikan.

Keywords


Pengembangan Sikap, Profesionalisme Guru, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori Konsep dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Aziz, A. Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3) (2019): 466-489.

Buchari, Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2009.

Djamarah, Saiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka, 2006.

Duli, David Thomas, Pengembangan Sikap Profesional." Jurnal Universitas Cendana 13. (2016).

Glasman, N. S. Evaluated-Based Leadership: School Administrattion in Contemporary Perspective. New York: State University of New York Press, 1986.

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Andi Offset. 2003.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999.

Mulyana, E. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indo, 2009.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 .

Priansa, Donni, JuniKinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta, 2014.

Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

RI, Lembaga Administrasi Negara. Kinerja Aparatir Negara. Jakarta: LAN, 1993.

Saihu, Pendidikan Pluralisme Agama: Kajian tentang Integrasi Budaya dan Agama dalam Menyelesaikan Konflik Sosial Kontemporer. Jurnal Indo-Islamika, 9(1), (2019): 67-90.

Saud, Udin Syaefudin, Pengembangan Prefesi Guru. Bandung: Alfabeta. 2010.

Soetjipto. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Supardi, Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013.

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana. 2011.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2015.

Widodo, Suparno Eko, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Wawancara

Hajiyah, interview by Aep Saepul Anwar. 2020. Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru dan Kinerha Guru MTs N 1 Serang (Februari 18).

Hastuti, Lia, interview by Aep Saepul Anwar. 2020. Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru dan Kinerja Guru MTsN 1 Serang (Februari 19).

Ubay, interview by Aep Saepul Anwar. 2020. Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru dan Kinerja Guru MTsN 1 Serang (Februari 21).




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aep Saepul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats