EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MODERASI BERAGAMA DI SDN 13 DESA PEDEKIK

Farisya Irdani, Chinta Fatharani, Imas Indah Safira

Abstract


Penelitian ini mengangkat tema tentang efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SD 013 desa Pedekik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik dan apa kendala yang dihadapi pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan deskriptif yaitu berupa analisis dan teori yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan agama islam Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik sudah mencapai keberhasilan yang baik karena adanya kesesuaian antara tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan usaha yang dilakukan seperti metode yang dilakukan dan strategi lainnya membawa hasil seperti nilai-nilai moderasi seperti sikap toleransi, anti kekerasan, menerima perbedaan, setia terhadap konsesus negara dan adaptif terhadap tradisi terimplementasi dengan baik pada peserta didik

Keywords


Efektivitas; Pendidikan Agama Islam; Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Aceng Abdul Aziz,dkk. (2019) “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam” , Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019

Fajri Alif, (2021) “Efektivitas Pendidikan Agama Islam Pada Usia Anak Dini,” Tarbawy Jurnal Pendidikan Agama Islam 8

Hendra harmi, (2022) “Analisis Kesiapan Program Moderasi Beragama Dilingkungan Sekolah/Madrasah” Vol. 7, No. 1

Hasil wawancara dengan Ningsih, tanggal 15 Februari 2023

Hasil wawancara dengan Angel, tanggal 15 Februari 2023

Hasil wawancara dengan Raihan, tanggal 17 Februari 2023

Hasil wawancara dengan Ningsih, tanggal 17 Februari 2023

Hasil wawancara dengan Suci, tanggal 17 Februari 2023

Imam gunawan,(2013) Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik (jakarta: pt bumi aksara)

Islamy, Athoilllah, and Saihu. “The Values of Social Education in the Qur’an and Its Relevance to The Social Character Building For Children.” Jurnal Paedagogia 8, no. 2 (n.d.): 51–66.

Koko Adya Winata et al.,(2020) “Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual,” Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Volume 3 No. 2:

Lexy, (2004) Edisi Revisi Metodologi Penelitian Kualitatif, (bandung: remaja rosdakarya).

Miles dan huberman, (2019) Analisis Data Kualitatif (jakarta: universitas indonesia press.

M. Luqmanul Hakim Habieby (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agam Islam Di Indonesia, vol. Vol.01, no,1 (Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama).

Rahmat Hidayat, (2016) Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia, ke 1 (medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ridwan,(2006) Metode Dan Teknik Penyusunan Tesis (bandung: alfabeta)

Rosyida Nurul Anwar, (2021) Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidkan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum, vol. Volume 12. No. 1,

Samsun, (2017) Metode Penelitian : Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research Dan Development (jambi: pustaka jambi).

Saihu, Abd Aziz, Fatkhul Mubin, and Ahmad Zain Sarnoto. “Design of Islamic Education Based on Local Wisdom (An Analysis of Social Learning Theories in Forming Character through Ngejot Tradition in Bali).” International Journal of Advanced Science and Technology 29, no. 06 SE-Articles (April 26, 2020): 1278–93. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/11802.

Saihu, Saihu. “Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 1, no. 1 (2018): 1–33.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI, Tanya Jawab Moderasi Beragama, ke 1 (Jakarta pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI ).




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Farisya Irdani, Chinta Fatharani, Imas Indah Safira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats