AL-QUR'AN SEBAGAI LANDASAN UTAMA PROSES PENDIDIKAN GENERASI MILLENIAL DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Bekti Galih Kurniawan, Nesa Arifah Almunawarah, Maayang Fa’uni, Rahayu Hermawan

Abstract


Saat ini banyak generasi milenial yang tidak memikirkan pentingnya Pendidikan  yang berbasis al-Qur’an yaitu pendidikan yang ajuh dari nilai ilahiyah yaitu nilai  al-Qur’an itu sendiri. Maka untuk mengembalikan kejayaannya, islam dan ummatnya terutama para pemuda harus memulai dengan Pendidikan dan  membangun dunia Pendidikan yang baik (Pendidikan islam) yang berbasis kitab  suci al-Qur’an yang rabbani dan ilahi). Sebagai pendukung terbentuknya  Pendidikan islam yang baik. Maka, hadirlah Universitas Darussalam Gontor di  kalangan masyarakat sebagai universitas islam yang berbasisi pesantren dengan  Pendidikan dan juga sistemnya yang berlandaskan al-Qur’an dan sunnah sebagai  salah satu media pendukung bagi generasi milenial dalam mencari Pendidikan  yang berbasis islamisasi ilmu. Saat ini yang diperlukan bukan hanya sekedar mengahafal al-Qur’an tapi juga  merujuk al-Qur’an sesuai dengan bidangnya. Dalam penelitian ini kami membahas tentang pentingnya Pendidikan menurut al-Qur’an, serta  penerapannya di Universitas Darussalam Gontor. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini merupakan metode kualitatif yang didalamnya terdapat tahapan  berupa observasi, wawanara, dan dokumentasi. Hasil  yang didapatkan berupa upaya dan strategi yang diterapkan oleh pendidik dalam  proses pembentukan karakter generasi milenial yang qur’ani, serta penerapan  nilai-nilai al-Qur’an dan nilai-nilai keislaman, dimana nilai-nilai tersebut tidak  banyak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal, baik dalam  keluarga, sekolah, maupun masyarakat

Keywords


Al-Qur’an; Pendidikan; Pemuda; Perguruan Tinggi Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Muhammad ’Athiyyah. Al-Tarbiyyah Al-Islamiyyah Wa Fasalisafatuha. Beirut: T.pn, n.d.

al-Bāqī, Muḥammad Fu’ad ‘Abd. Al-Mu’jam Al-Mufahras Lī Alfāzh Al-Qur’ān Al-Karīm. Bairūt: Dār al-Fikr, n.d.

Aziz, Abd, and Fatkhul Mubin. “TAFSIR TARBAWĪ: WACANA KHALIFAH DAN KHILĀFAH DALAM REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK.” Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an 21, no. 01 (2021): 127–53.

Bustami, Syam. Pendidikan Al-Qur’an Pada Generasi Milenial, Konsep Dan Implementasi. Yogyakarta: Bintang Pustaka Islami, 2021.

Dimyat, Dimyat. “Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi.” Institut PTIQ Jakarta, 2016.

Firmansyah, Mokh Iman, Encep Syarief Nurdin, Kama Abdul Hakam, and Aceng Kosasih. “Local Wisdom-Based PAI Learning: Exploring Integrated Models in Building Student National Character.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 10, no. 1 (n.d.): 127–40.

Hakim, Rosniati. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 2 (2014).

Ilham, Muchtar. Pendidikan Al-Qur’an Pada Generasi Milenial, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2021.

Islamy, Athoilah, Dwi Puji Lestari, Saihu Saihu, and Nurul Istiani. “Pembiasaan Ritualitas Kolektif Dalam Pembentukkan Sikap Sosial Religius Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Islam Az Zahra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).” EDUCANDUM 6, no. 2 (2020): 175–81.

Islamy, Athoilllah, and Saihu. “The Values of Social Education in the Qur’an and Its Relevance to The Social Character Building For Children.” Jurnal Paedagogia 8, no. 2 (2019): 51–66.

Jundi, Muhammad. “Pendidikan Islam Dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad Saw. Bagi Generasi Muda.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020).

Miftahuddin, Miftahuddin, Abd Majid, Rodliatin Rodliatin, and Aneng Widianingsih. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Pendidikan.” Online Prosiding Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 1, no. 1 (2021): 146–55.

Mubin, Fatkhul, and Saihu. Made. “Analisis Tafsir Maqashidi Tentang Pelaksanaan Salat Jumat Online Di Era Pandemi.” Al-Burhan 21, no. 02 (2021): 172–98.

Rosyid, Abdur. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an.” TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management 2, no. 2 (2022): 76–89.

Saihu, Abd Aziz, and Fatkhul Mubin. “Tradisi Lokal Dan Kerukunan Antar Umat Beragama : Kebudayaan Dominan Dalam Relasi Hindu-Muslim Di Jembrana Bali SAIHU Institut PTIQ Jakarta ABD AZIZ STIT Al-Amin Kreo Tangerang FATKHUL MUBIN STAI Alhikmah Jakarta A . PENDAHULUAN Di Indonesia , Agama Menja,” n.d.

Saihu, Made. “AL-QUR’AN DAN KECEDASAN MANUSIA (Kajian Tentang Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ).” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman 6, no. 2 (2022): 233–51.

———. “Pemikiran Paradigma Pendidikan Islam (Tinjauan Paradigma Pendidikan Islam Holistik Dalam Serat Wulang Reh).” Edukasi Islami 12, no. 1 (2023): 615–30.

Sugiono. “Metode Penelitan Pendidikan.” Bandung: Alfabeta, 2016.




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bekti Galih Kurniawan, Nesa Arifah Almunawarah, Maayang Fa’uni, Rahayu Hermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats