MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN AKHLAK: ANALISIS TERHADAP PERILAKU SISWA DI MTS NEGERI 2 BENGKALIS

Chinta Fatharani, Erna Sulistia, Chanifudin Chanifudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi tentang penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Dengan tujuan masalah dari penelitian ini yaitu:(1)Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis,(2)Untuk mengetahui dampak negatif dan positif dari pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengumpulan data yaitu menggunakan penyebaran angket dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 242 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung=3,530 lebih besar dari nilai ttabel=2,030. Dengan demikian, penggunaan media sosial mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Adapun dampak positif penggunaan media sosial di MTs Negeri 2 Bengkalis yaitu siswa bisa ikut berpartisipasi dalam mencari materi pembelajaran, selain itu bermanfaat terhadap pendidikan akhlak diantaranya dapat beradaptasi dan bersosialisasi. Sebaliknya jika digunakan untuk hal yang tidak baik maka akan berdampak negatif, misalnya membuat siswa kurang disiplin dan bersifat malas, lalai dan lupa waktu hingga membuat tugasnya terbengkalai

Keywords


Penggunaan Media Sosial; Pendidikan Akhlak

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasy, Moh. Atiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Aminuddin, dkk. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002

Anggraini, Yuni, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Prilaku Remaja Di Kelurahan Kantin, Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota, Padangsidimpuan”. Skripsi, Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan, h. 12, 2019.

Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Mitra Cahaya,2001

Dacholfany, M. Ihsan dan Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam, (Jakarta: Amzah, 2018)

Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995

Erna Purnama. Peran Orang tua dalam mengatasi akhlak remaja dalam menggunakan media sosial. Banda Aceh: UIM Arraniry. 2018.

Gufron, “Strategi Pembinaan Sikap Dan Perilaku Santri Pondok Pesantren Al Imam Muntilan Magelang Dari Pengaruh Media Sosial Internet”, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Gustam Ramanda Rizki, “Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Popular Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda Dan Balik Papan”. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volum 3, No. 2, September 2015

Harahap, Saskiatul Fitria, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Remaja Di Dusun Purba Bangun Desa Ujung Gading Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan”, Skripsi, Padangsidimpuan: Fak. Tarbiyah dan Keguruan IAIN Padangsidimpuan, 2021.

Hardiyanti, ‚Pengaruh Jejaring Sosial terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMP MA’ Arif Makassar‛, Skripsi Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, 2014.

Khoirutan Nafia’ah, Alfiyana. “Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII Kepada Guru Di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman.” Yogyakarta: Universitas Sunan Kalijaga, 2014, 12.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Miswari, Imam,“Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di SMKN 1 Tanah Jambo Aye”. Skripsi, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2021

Muclisah. Jangan Panggil Kami Nakal tapi Sebut Kami Kreatif. Cet. 1. Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Muflihaini, “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di Madrasah Aliyah PP. Hidayatullah Tanjung Morawa”. Tesis, Medan: UIN Sumatera Utara Medan, 2017.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Negara, Marganus Satya, “Peran Pendidikan Akhlak Terhadap Pembentukan Perilaku Ihsan Kepada Orang Tua Pada Siswa-Siswi MI Plus At-Taqwa Nguter Sukiharjo”. Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia 2006 cet. V.

Saihu, Made. “Betawi Ethnic Parents’ Perceptions of Girls’ Higher Education.” Randwick International of Education and Linguistics Science Journal 3, no. 3 (2022): 545–53.

———. “Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 5, no. 1 (2022): 79–89.

Sudarsono. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Trim, Bambang. Menginstal Akhlak Anak. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama, 2008

Zahid, Moh. “Perpaduan Hukum Islam dan Hukum Adat (Upaya Merumuskan Hukum Islam Berkepribadian Indonesia).” Jurnal al-Ihkam 1, no. 1 (2006): 61




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chinta Fatharani, Erna Sulistia, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats