PERUMUSAN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 9 BLITAR

Nur Kholifah Akrom, Chusnul Chotimah

Abstract


Penelitian ini memaparkan mengenai perumusan strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Blitar. Proses perumusan strategik meliputi pengembangan visi misi, mengukur peluang dan ancaman eksternal, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan internal, menetapkan tujuan jangka pajang, dan menetapkan strategi yang sesuai. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar, (2)  peluang dan ancaman eksternal di MIN 9 Blitar, (3) kelemahan dan kekuatan internal di MIN 9 Blitar, (4) tujuan jangka pajang di MIN 9 Blitar, (5) strategi di MIN 9 Blitar. Metode penelitian memakai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data memakai model Spradley dengan tahapan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema kultural. Hasil dan pembahasan penelitian yakni: (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar dilakukan dengan mempertimbangkan eksternal dan internal madrasah, (2) peluang dan ancaman di MIN 9 Blitar diukur setelah dilakukan analisis, (3) kelemahan dan kekuatan di MIN 9 Blitar diidentifikasi setelah dilakukan analisis, (4) tujuan jangka panjang MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai visi misi madrasah, (5) strategi di MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai tujuan madrasah. Dengan demikian, kesimpulan yang diberikan bahwa perumusan strategik di MIN 9  Blitar terbukti dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah

Keywords


Manajemen Strategik; Perumusan Strategik; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


David, Fred R. Manajemen Strategis: Konsep. Edited by Palupi Wuriarti. 12th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

———. Strategic Management: Concept and Cases. USA: Pearson Education, Inc, 2011.

Hariadi, Bambang. Strategi Manajemen: Strategi Memenangkan Perang Bisnis. 2nd ed. Malang: Bayumedia, 2005.

Indriati, Devia. “Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi.” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saiduddin Jambi, 2019.

John W. Creswell. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Pramono, Randu dkk. “Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Hafsyah Medan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022).

Rosyid, Abdul, and Fatkhul Mubin. “Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Persepektif Budaya Religius.” Alim | Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2022): 277–87.

Rusdiana, Ahmad. Manajemen Strategik. Https://Medium.Com/. Bandung: Pustaka Tresna Bhakti, 2020.

Saihu, Akhmad. “Manajemen Supervisi Akademik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah.” An-Nahdhah 12, no. 1 (2019): 83–112.

Saihu, Made. “Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 5, no. 1 (2022): 79–89.

Saihu, Saihu. “The Urgency Of Total Quality Management In Academic Supervision To Improve The Competency Of Teachers.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 02 (2020): 297–323.

Shulhan, M dan Soim. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R D. Bandung: CV Alfabeta, 2013.

Susanthi, Putu Rani. “Analisis Lingkungan Internal Dan Eskternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam).” Jurnal Elektronik 1, no. 1 (2017).

Susanto, Muhammad Adlan Nawawi Slamet, and Made Saihu. “Urgensi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Di Sekolah Menengah Pertama Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat).” Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan 13, no. 1 (2023): 37–46.

Taufiqurokhman. Manajemen Strategik. 1st ed. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2016




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i01.451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Kholifah Akrom, Chusnul Chotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats