ARGUMENTASI FAKTA SEJARAH DARI KISAH ‘ULU AL-‘AZMI DALAM AL-QUR’AN

EE Junaedi Sastradiharja, Farizal MS, Miftakhussurur Miftakhussurur

Abstract


Kisah Ulu al-‘Azmidi Al-Qur’an merupakan fakta sejarah berdasarkan data arkeologi. 1) Kisah Nabi Nuh merupakan fakta sejarah dengan dua data: Patung Wadd, Suwa’ Yaguts, Ya’uq, dan Nasrserta Bukit Judi. 2) Kisah Nabi Ibrahim merupakan fakta sejarah karena berada di Zaman Babilonia dan Masa Sejarah 3) Kisah Nabi Musa merupakan fakta sejarah karena berada di Dinasti Fir’aun dan Zaman Kerajaan Mesir Baru. 4) Kisah Nabi Isa merupakan fakta sejarah dengan dua data: Betlehem dan Bukit Golgota. 5) Salah satu situs arkeologi peninggalan kisah Nabi Muhammad adalah: Gua Hira. Kisah Ulu al-‘Azmi dapat dibuktikan dengan menggunakan data arkeologi dan sejarah kebudayaan suatu kaum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir ‘ilmî dan metode historis-kritis-kontekstual. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Keywords


Ulu al’Azmi, Arkeologi, Kisah dalam Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali.Arkeologi Al-Qur’an: Penggalian Pengetahuan Keagamaan. Depok: Lembaga Kajian dan Peminatan Sejarah, 2020.

Al-Maghluts, Sami bin Abdullah.Buku Sejarah Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Al-Maghira.

Al-Qathan, Manna’. Mabâhits fî ‘Ulûm Al-Qur’ân.Beirut: al-Ashr al-Hadis, t.th.

al-Râzi, Fakhr ad-Din.Mafâtih al-Ghaib. Damaskus: Dâr al-Fikr, 1981, hal. 191.

Baltaji, Muhammad.Madkhol ilâ ‘Ilmi at-Tafsir. Kairo: Nasyru Maktabati asy-Syabâb, 1998.

Childe, Gordon.Man Makes Himself. New York: The New American Library, 1958.

El-Fikri, Syahruddin, Situs-Situs Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Republika, 2010.

Harahap, Iqbal.Ibrahim Bapak Semua Agama. Tangerang: Penerbit Lentera Hati, 2014.

Kamil, Abdul Aziz.Al-Qur’ân wa at-Târîkh.Kuwait: Dâr al-Buhûts al-’Ilmiyah, 1984.

Katsir, Abul Fida’ Ismail bin Umar bin, Qashash al-Anbiyâ’. diterjemahkan oleh Abu Hudzaifah dengan judul Kisah Para Nabi dan Rasul. Jakarta: Pustaka As-Sunnah, 2007

Khalafullah, Muhammad Ahmad.Al-Fann al-Qashashî Fî al-Qur’ân al-Karîm. diterjemahkan oleh Zuhairi Misrawi dan Anis Maftukhin dengan judul Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah. Jakarta: Paramadina, 2020.

Mubin, Fatkhul, and Saihu. Made. “Analisis Tafsir Maqashidi Tentang Pelaksanaan Salat Jumat Online Di Era Pandemi.” Al-Burhan 21, no. 02 (2021): 172–98.

Munir, Samsul.“Mukjizat Al-Qur’an Tentang Arkeologi(Kajian Ayat-Ayat Arkeologi Dalam PerspektifSains Modern)” dalam Jurnal Ilmiah Studi Islam, Vol 01 No 15 Tahun 2015.

Nurkidan, A. dan Hasmiah Herawaty.Arkeologi Sebagai Suatu Pengantar. Sulsel: Kaaffah Learning Center, 2019.

Pradipta, Martin. “Ciri Budaya Megalitik pada Arsitektur Candi di Pulau Jawa”, dalam Jurnal RISA, Vol 01 No 03 Tahun 2017.

Saidah, Mandrasi Amira. “Kisah-kisah dalam Al-Qur’an antara Fakta Sejarah atau Mitos”, dalam Jurnal At-Tibyan, Vol. 04 No. 2 Tahun 2019.

Samih, Kurayy Saihu. “OPERASIONALISASI TEORI PENDIDIKAN BEHAVIORISTIK DALAM TRADISI NGEJOT DI BALI.” Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 3, no. 2 (2019): 143–62.

Saihu, Made. “Betawi Ethnic Parents’ Perceptions of Girls’ Higher Education.” Randwick International of Education and Linguistics Science Journal 3, no. 3 (2022): 545–53.

Saihu, Made, and Athoillah Islamy. “Mainstreaming Religious Moderation in Male Tradition of the Balinese Muslim Community.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 30, no. 1 (2022): 21–38.

im.Mâdza Yabqâ Min Thâha Husaîn. Beirut: Dâr al-Qolam, 1974.

Schwartz, Glenn M.Cultures in Contact: From Mesopotamia to the Mediterranean in the Second Millenium B.C. New York: The Metropolitan Museum Of Art, Tth.

Yusuf, Akhmad. “Mesopotamia dan Mesir Kuno: Awal Peradaban Dunia”, dalam Jurnal El-Harakah, Vol. 11 No. 3 Tahun 2009.




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i03.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EE Junaedi Sastradiharja, Farizal MS, Miftakhussurur Miftakhussurur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats