KECERDASAN INTERPERSONAL HUMANISTIK DALAM PERSPEKTIF Al-QUR’AN

Edy Junaedi Sastradiharja, Farizal MS, Al Firdaus

Abstract


Penelitian ini tentang kecerdasan interpersonal humanistik dalam perspektif Al-Qur’an mengusung teori humanis. Hal ini berdasarkan deskripsi Al-Qur’an mengenai intraksi manusia yang satu dengan yang lain. Bahwa manusia yang hidup berdampingan harus saling memahami agar terbentuknya ketentraman majemuk bagi lingkungan sekitarnya. menarik yang ditemukan dalam penelitian ini. Bahwa kecerdasan interpersonal humanistik terbagi menjadi dua. Pertama Internal. Kedua eskternal. Pertama, Internal berisi: a. Repleks Positif terhadap orang yang berkebutuhan khusus, yang diterangkan dalam Surat ‘Abasa/80: 1-4, b. Tidak Menyakiti dengan Tangan, yang termaktub dalam Surat Al-Lahab/111:1-5 dan Surat Al-Humazah/104:1-2, c. Berbagi /Share Nasehat, yang dijelaskan pada Surat Al-‘Ashar/103: 1-3, d. Kepekaan Intelektualitas, yang terdapat Surat Al-‘Alaq/96:1-7, e. Tidak Over Konfident, yang tertulis pada Surat al-Hujarat/49:10-13, f. Pendidikan Dialog Efektif, yang tersurat pada Surat Lukman/31:12-19, g. Pendidikan Dialog Ketegasan, pada Surat Maryam/19:41-46,  h. percaya Tuhan/ Beliveng good, yang tercantum Surat Al-Ikhlas/112:1-3. Kedua, Eksternal berisi: a. Menjaga Toleransi, yang dijelaskan Surat Al-Kafirun/109:1-6, b. Tidak berlebihan. Lebih baik minimalis, yang diterangkan dalam Surat At-Takastur/ 102:1-2, c. Menjaga Iman dan Keamanan, yang dijelaskan Surat Quraisy/106:1-4, d. Menjaga Dialog yang seha,t terdapat dalam Surat Thaha/20:41-44. Ketiga, Kecerdasan interpersonal humanistik ini dapat diterapkan pada pendidikan Islam. Yang menekankan pada aspek berhubungan dengan orang lain secara luas. Tidak hanya pada tataran teoritis tapi pada praktis dapat diterapkan dengan pembelajaran sejak dini. Karena tujuan pendidikan sejatinya adalah untuk mengajarkan orang lain berbuat baik pada sesama. Keempat, Kecerdasan interpersonal humanistik jika diimplementasikan akan menimbulkan ketentraman majemuk atau rahmatal lil’alamîn bagi dirinya dan sekitarnya.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif dan konstekstual. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Keywords


Kecerdasan Interperonal, Humanistik, dan Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Aziz, Abd, Saihu, “Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab” Arabiyatuna, Vol. 03, No. 2 (2019): 299-314.

Az-Zuhailii, Wahbah. Tafsir al-Munir, jilid 15, diterjemahkan oleh Abdul Hayyie, et,al., judul asli at-Tafsiirul -Muniir: Fiil ‘Aqidah wasy-Syarii’ah wal Manhaj, Jakarta: Penerbit Gema Insani Press, cet.2, Juni 2017.

Alqasimi, Muhammad Jamaluddin. Bimbingan untuk mencapai tingkat Mu’min, diterjemahkan oleh Moh. Abdai Rathomy dari judul Ihya ‘Ulumuddin, Bandung: Penerbit Diponegoro, 1975.

Baidan, Nasruddin. Metode Penafsiran Al-Qur’an Kajian terhadap Ayat-ayat yang Beredaksi Mirip, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Basyir, Hikmat. et.al., Tafsir Muyassar, jilid 2 diterjemahkan oleh Muhammad Ashim dan Izzudin Karim dari judul At-Tafsir al-Muyassar, Jakarta: Darul Haq, cet. 1, 2018.

Burhani MS dan Hasbi Lawrens, Kamus Ilmiah Populer, Jombang: Penerbit Lintas Media, t.th.

Diasmoro, Okky. “Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Kerja Karyawan Dewasa Awal Bagian Produksi PT. Gangsar Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Universitas Muhammadiyah Malang, Vol. 05, No. 01 (2017): 122.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosi, diterjemahkan oleh T. Hermaya dari judul Emotion Intelligence, Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama, cet. 8 April 1999.

Hude, M. Darwis. Tentang Emosi Manusia di dalam Al-Qur’an, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006

Muliawan, Jasa Ungguh. Metode Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus, Jogjakarta: Penerbit Gava Media, cet. 1, 2014.

Nevid, Jeffrey, S. Psikologi Konsepsi dan Aplikasi, diterjemahkan oleh M. Chozim dari judul Psikologi Consept and Applications. Bandung: Nusamedia, 2007.

Surasman, Otong. Bercermin pada Nabi Ibrahim, Jakarta: Penerbit Perspektif, 2016.

Tafsir ‘Ilmi, Science Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains, disusun atas kerjasama Lajnah Pentahsih Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan LIPI, Jakarta: Penerbit Legalitas, 2013, Edisi 1, hal. 797.

Mualim, Khusnul. “Gagasan Pemikiran Humanistik,” Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, Vol. 01 No. 02 (2017): 3.

Hamka,. Tafsir Al-Azhar, jilid 9, Singapura: Penerbit Pustaka Nasional PTE LTD, Cet. 2003

Thalhas, T. H. et.al. Tafsir Pase Kajian Surah Al-Fatihah dan Surah-Surah dalam Juz’Amma, Jakarta: Penerbit Bale Kajian Tafsir Al-Qur’an Pase, 2001.

Shihab, M. Quraisy. Al-Lubaab (Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Al-Fatihah dan Juz ‘Amma), Tangerang: Penerbit Lentera Hati, cet. 1, Agustus 2008.




DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats